Kutai Timur

LDII Kutim Terima Bantuan Dana Desa 2020 untuk Pembinaan Generasi Penerus

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur mewujudkan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020 berupa Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), Posyandu, dan Tempat Penampungan Air di beberapa wilayah di Desa Sangatta Selatan. Kegiatan seremonial serah terima kunci bangunan dilaksanakan secara simbolis, Selasa (2/2) pagi.

Camat Sangatta Selatan Hj Hasdiah SE MSi bertindak sebagai pejabat pemerintah setempat memberikan kunci di halaman Masjid Al-Akbar, Jalan Diponegoro, KM 05, RT 03, Desa Sangatta Selatan.

Turut menyaksikan Pejabat Kepala Desa Sangatta Selatan Bernadus Parembang, Ketua DPD LDII Kutim Damuri SP MSi, Kepala Dusun dan Kepala Posyandu serta pihak terkait lainnya beserta masyarakat. Kegiatan diiringi dengan hiburan pencak silat Persinas ASAD cilik dan penampilan santri TPQ Al-Akbar.

Selain tempat penampungan air di Dusun Gunung Teknik, serah terima bangunan yakni TPQ Al-Akbar RT 03 Dusun Gunung Teknik dan TPQ Jabal Tsur RT 01 Dusun Bukit Raya. Kemudian TK-TPQ Lambat Salur 2019 yakni TPQ Nurut Taqwa RT 04 Dusun Masabang, TPQ Baitul Latief RT 05 Gunung Karet, dan TPQ Nur Babul Khoir di RT 03 Dusun Bukit Indah.

Adapun TPQ Al-Akbar, merupakan bagian dari binaan DPD LDII Kutim. Ketua DPD LDII Kutim Damuri turut mendukung pembangunan tersebut dan berharap agar sinergitas pembangunan dengan pemerintah bisa terus terjalin.

Juga serah terima Posyandu Edel Wais RT 01 Dusun Bumi Indah, Posyandu Melati RT 03 Dusun Pinang Mas, dan Posyandu Lavender RT 03 Dusun Silva Duta.

Ketua Panitia H Supriyanto SSos mengucapkan rasa terima kasih kepada Camat dan Kepala Desa atas dukungan penuh terhadap masyarakat dalam mewujudkan TPQ, Posyandu, tempat penampungan air serta semua pihak yang mendukung terwujudnya pembangunan desa.

Serah teima kunci bangunan secara simbolis oleh Camat Sangatta Selatan Hj. Hasdiah kepada perwakilan pengurus TPQ, Selasa (2/2). Foto: Raymond
Serah teima kunci bangunan secara simbolis oleh Camat Sangatta Selatan Hj. Hasdiah kepada perwakilan pengurus TPQ, Selasa (2/2). Foto: Raymond
Syukuran selesainya pembangunan TPQ Al Akbar, Selasa (2/2). Foto: Raymond
Syukuran selesainya pembangunan TPQ Al Akbar, Selasa (2/2). Foto: Raymond

“Harapannya, bangunan ini bisa kami gunakan sebagaimana mestinya, agar insan santri bisa mengaji dengan baik di TPQ yang dibangun melalui dana desa,” tutur Supriyanto.

Pj Kepala Desa Sangatta Selatan Bernadus Parembang menuturkan, seluruh program Dana Desa Tahun 2020 selesai direalisasikan. Dengan adanya serah terima kunci tersebut, pemerintah desa telah menyerahkan pengelolaan bangunan secara resmi.

“Pembangunan ini dilaksanakan diawali dari penyerahan hibah lahan kepada pemerintah untuk bisa dibangunkan. Ini adalah fasilitas yang dibangun pemerintah untuk masyarakat sehingga tak bisa dimiliki salah satu orang atau kelompok-kelompok kecil, dan ini dapat digunakan bersama bagi masyarakat,” papar Bernadus.

Menurut paparan Bernadus, Dana Desa Sangatta Selatan 2020 yang diwujudkan TPQ, posyandu, dan bak penampungan air tersebut menelan anggaran hingga sekira Rp 2 miliar.

“Ketika sudah serah-terima kunci, maka tanggung jawab sepenuhnya diserahkan kepada pengelola,” tambahnya.

Camat Sangatta Selatan Hasdiah turut berterima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara seremonial serah terima kunci sekaligus syukuran tersebut. Ia merasa senang dengan sambutan hangat panitia.

“Pembangunan di suatu daerah tanpa ada dukungan masyarakat tak akan berhasil. Kita perlu membangun, dan perlu ada hibah dari masyarakat agar bisa terbangun. Saya berterima kasih atas dukungan ini,” ucap Hasdiah.

Bangunan tersebut, lanjut dia, sudah diresmikan oleh bupati beberapa waktu lalu sehingga momen tersebut hanya berupa serah-terima simbolis kunci disertai pemotongan tumpeng dan pemotongan pita bangunan TPQ Al-Akbar.

“Semua kegiatan tak mungkin tidak kita laksanakan, tapi kita ada aturan. Dengan adanya pembangunan ini, kami berharap dapat digunakan sebaik-baiknya dan dimanfaatkan maksimal, serta dipelihara. Jangan sampai yang kami upayakan menjadi sia-sia,” pinta Hasdiah.

Selain pembangunan, dirinya berharap imbauan pelaksanaan protokol kesehatan harus dijaga dan didukung semua kalangan. “Agar membantu pemerintah melakukan pencegahan pandemi covid-19,” harapnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ketua DPD LDII Kutai Timur H. Damuri mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih telah menerima bantuan Dana Desa 2020 berupa bangunan TPQ yang representatif.

Menurutnya, TK/TPA Al-Akbar merupakan binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) telah mendapatkan bantuan gedung dari Dana Desa 2020. Seluruh aset tersebut dihibahkan melalui Yayasan Budi Luhur Mandiri dengan status tanahnya sudah menjadi Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT).

Menanggapi Camat Sangatta Selatan terkait penggunaan TPQ dengan sebaik-baiknya, DPD LDII akan memanfaatkan dan merawat sebagaimana milik sendiri.

“Dengan mengucapkan Bismillah, semoga dengan bantuan Dana Desa 2020 dapat kami jaga pertanggungjawabannya dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah senantiasa memberikan aman selamat lancar manfaat dan barokah untuk pembinaan generasi penerus LDII ilaa qurbi yaumil qiyamah. Alhamdulillah, jazakumullahu khoiro. Semoga Allah paring barokah,” pungkas H. Damuri. (*)

Penulis : Raymond Chouda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *