Kaltim

Silaturahmi dengan FKUB Kalimantan Timur, Prof. Candra Kenalkan Tujuan LDII Membina Umat

SAMARINDA – Ketua DPW LDII Kalimantan Timur Prof. Krishna P Candra bertemu silaturahmi dengan Ketua FKUB Kalimantan Timur Drs. H. Asmuni Alie di Kantor FKUB Jalan Basuki Rahmat No. 42 Samarinda, Senin (1/11) siang.

Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan kerjasama dan silaturahmi untuk mengenal keduanya lebih dekat. Tampak mendampingi Sekretaris DPW LDII Kaltim Wildan Taufik SPd MSi dan anggota FKUB H. Mulyadi Zuhud serta beberapa pengurus FKUB yang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Asmuni Alie mengatakan rasa syukur dan terima kasih atas kunjungan jajaran DPW LDII Kaltim dan berharap semua ormas, termasuk ormas Islam, selalu sinergi dengan FKUB guna mempererat tali silaturahmi sebagai upaya turut menyelesaikan masalah antar umat beragama.

Menurut Asmuni, FKUB saat ini tengah mengalami kesulitan menjalankan kegiatan di FKUB lantaran terbatasnya anggaran kegiatan tahunan akibat dampak Covid-19.

“Kami telah beberapa kali mengajukan dukungan anggaran kepada pemerintah namun masih belum sesuai harapan, terlebih sempat ada salah satu kabupaten yang semua pengurus FKUB-nya ingin mengundurkan diri karena harus bekerja menjalankan fungsi FKUB tanpa dukungan dana dari mana pun,” ujar Asmuni.

Prof. Candra bersama Drs. Amunie Alie. Foto: LINES
Prof. Candra bersama Drs. Amunie Alie. Foto: LINES
Foto bersama pengurus FKUB dan DPW LDII Kalimantan Timur usai menggelar audiensi, Senin  (1/11). Foto: LINES
Foto bersama pengurus FKUB dan DPW LDII Kalimantan Timur usai menggelar audiensi, Senin (1/11). Foto: LINES

“Syukur (hal itu) tidak (pernah) terjadi lantaran tidak lama kemudian memperoleh bantuan pemerintah sehingga kegiatan bisa kembali berjalan normal,” ujar Asmunie Ali.

Masa hikmat Asmuni Alie di FKUB Kaltim akan berakhir hingga April 2022 mendatang.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut, Prof. Candra mengucapkan terima kasih telah bersua dengan Ketua FKUB Kaltim. Dirinya mengaku sulit menemukan waktu yang tepat lantaran banyaknya tugas yang dilaksanakan di banyak kegiatan lintas agama dan pondok pesantren.

“Alhamdulillah, dengan silaturahmi ini, kita berharap FKUB dan LDII semakin erat menjalin komunikasi, menyadari bahwa peran semua ormas sangat vital dalam pembinaan umat lintas agama di Kaltim yang sangat beragam suku, agama dan adatnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Candra menyerahkan surat tembusan dan buku tentang penjelasan paradigma baru LDII.

“Sekaligus mengemban amanah dari Ketua Umum DPP LDII berkenaan dengan surat MUI Pusat yang juga ditembuskan kepada Presiden, MPR, DPR, MK, PP NU, PP Muhammadiyah, seluruh Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua MUI se-Indonesia, FKUB se-Indonesia,” ungkapnya.

Dirinya berharap FKUB mempelajari lebih dalam kegiatan dan kiprah LDII dalam membangun bangsa melalui lampiran surat yang dibuat dalam bentuk buku tersebut.

“Ini diperlukan untuk menghindari kesan bahwa LDII adalah bukan ormas eksklusif, kesan eksklusif tersebut diharapkan perlahan sirna dan semua mempunyai satu tujuan membina umat menuju kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat,” tuturnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama semua pengurus FKUB dengan Ketua dan sekretaris DPW LDII Kaltim.

(Wildan/LINES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *