Kaltim

Ketua DPW LDII Kaltim: Hari Pahlawan, Momentum Kembangkan Karakter Profesional Religius

SAMARINDA – Ketua DPW LDII Kalimantan Timur Prof. Dr. Ir. Krishna Purnawan Candra, M.S. secara khusus mengucapkan selamat memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, 10 November 2020. Pada peringatan ini, Prof. Candra mengajak generasi penerus, warga LDII, dan segenap anak bangsa untuk mengingat kembali peran Pondok Pesantren dalam mewarnai Kemerdekaan RI.

“Hari ini 10 November, seluruh bangsa Indonesia mengingat kembali perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka, bebas dari penjajahan. Momentum perjuangan mempertahankan Surabaya oleh Arek-arek Suroboyo dengan semangat yang dikobarkan oleh Bung Tomo telah membuat dunia sadar bahwa Bangsa dan Negara Indonesia menolak segala jenis penjajahan,” tutur Prof. Candra.

Menurutnya, perjalanan panjang perjuangan rakyat Indonesia tidak dapat dipisahkan dari dunia pesantren. “Pada masa itu pesantren merupakan kawah candradimuka untuk melahirkan tokoh-tokoh bangsa,” ungkapnya. Perjuangan dari dunia pesantren, lanjutnya, merupakan salah satu sentra perjuangan rakyat dalam meraih dan mempertahankan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Peran pesantren di tengah persaingan global saat ini sangat penting, terutama turut memberi warna dalam mengisi kemerdekaan dengan mengembangkan diri berdasarkan jati diri bangsa yang berakar dari karakter pesantren, yakni karakter Profesional Religius yang memiliki semangat dalam mewujudkan Tri Sukses Generasi Penerus, Enam Tabiat Luhur, dan Empat Tali Keimanan.

Asah karakter Profesional Religius, Tri Sukses Generus, Enam Tabiat Luhur, dan Empat Tali Keimanan. Foto: Profil Yayasan TSG Youtube
Asah karakter Profesional Religius, Tri Sukses Generus, Enam Tabiat Luhur, dan Empat Tali Keimanan. Foto: Profil Yayasan TSG Youtube

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang berbasis pondok pesantren mengajak warganya beserta segenap bangsa Indonesia, memperingati Hari Pahlawan sebagai momentum dan semangat mengisi kemerdekaan berdasarkan karakter pesantren.

LDII telah mengembangkan karakter pesantren melalui Platform Pondok Karakter Profesional Religius, yaitu platform e-learning yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Umum dan Pelatihan Dewan Pimpinan Pusat LDII.

Platform ini berisikan bahan pembelajaran daring yang bertujuan untuk membangun karakter Profesional Religius, dapat diakses secara online melalui website pondokkarakter.ldii.or.id. Sebagai seorang pendidik, Prof. Candra mengingatkan momentum Hari Pahlawan untuk mendorong pemanfaatan platform Pondok Karakter untuk mendukung implementasi Profesional Religius.

“Selamat Hari Pahlawan, terima kasih kami ucapkan kepada para pejuang kemerdekaan yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, serta pahlawan-pahlawan pembangunan bangsa. Semoga amal sholih para pejuang tersebut mendapat ridho dan pahala yang besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala, amin.” pungkas Prof. Candra. (SA/LINES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *