Samarinda

Krishna Purnawan Candra Pimpin LDII Kalimantan Timur Periode 2017-2022

SAMARINDA – Prof Dr Ir H Krishna Purnawan Candra MS menjadi Ketua DPW LDII Kalimantan Timur masa bakti 2017-2022, menggantikan H Sutamsis SH MH MKn, dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) ke VIII yang berlangsung di Gedung Olah Bebaya Kompleks Lamin Etam, Jalan Gadjah Mada Samarinda, Kamis (16/2).

Sebanyak 500 peserta utusan dari DPW, DPD LDII kabupaten/ kota se-Kaltim, serta perwakilan Pondok Pesantren dan Pembina Penggerak Generus (PPG) ini mengikuti dari pagi hingga selesai malam hari.

“Dari 10 kabupaten kota yang ada di Kaltim hanya perwakilan dari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang tidak ada,” ujar Sutamsis, Ketua DPW LDII Kaltim periode 2011-2017.

Turut hadir Ketua Umum DPP LDII Prof Dr Ir KH Abdullah Syam MSc didampingi Ketua DPP Ir H Chriswanto Santoso MSc, dan Ketua Departemen Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan H Rully Kuswahyudi SSos. Hadir pula perwakilan Gubernur Kaltim, Ketua Umum MUI Kaltim Drs KH Hamri Haz, Kepala Staf Korem 0901/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kolonel Infanteri Zeni Junaidi MSi, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur.

Ketua Umum DPP LDII Prof Dr Ir KH Abdullah Syam MSc didampingi H Sutamsis SH MH MKn, Prof Dr Ir Krishna P Chandra MS, Eko Budiono, bersama perwakilan Gubernur Kaltim, Ketua Umum MUI Kaltim Drs KH Hamri Haz, Kepala Staf Korem 0901/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kolonel Infanteri Zeni Junaidi MSi, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur. Foto: Panitia.
Ketua Umum DPP LDII Prof Dr Ir KH Abdullah Syam MSc didampingi H Sutamsis SH MH MKn, Prof Dr Ir Krishna P Candra MS, Eko Budiono, bersama perwakilan Gubernur Kaltim, Ketua Umum MUI Kaltim Drs KH Hamri Haz, Kepala Staf Korem 0901/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kolonel Infanteri Zeni Junaidi MSi, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur. Foto: Panitia.

Dalam keterangannya, Sutamsis memaparkan program kerja DPW LDII Kaltim sebelumnya yang banyak berkiprah dalam pengembangan SDM, diantaranya adalah mendirikan lembaga pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

“Selain mendirikan sekolah PAUD, kami juga telah banyak mendirikan lembaga pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren,” ungkap Sutamsis.

Muswil yang mengambil tema Keniscayaan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Profesional Religius untuk Pembangunan Kaltim Berkelanjutan ini dibuka pukul 09.00 Wita, dilanjutkan dengan pembahasan berbagai agenda. Salah satunya adalah pembacaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Ketua DPW LDII Kaltim.

“Tujuan Muswil ini untuk menetapkan program kerja lima tahun ke depan dan menilai pertanggungjawaban DPW,” ujar Sutamsis. Selain itu, lanjutnya, Muswil juga untuk memilih dan menetapkan ketua DPW periode berikutnya dan tim formatur. Dalam pembacaan Laporan Pertangungjawaban, Sutamsis menyatakan tidak bersedia dicalonkan dan dipilih menjadi Ketua DPW LDII Kaltim masa bakti 2017-2022 dikarenakan kesibukannya.

Sutamsis dihadapan Tim Formatur saat Muswil ke-VIII DPW LDII Kaltim di Gedung Olah Bebaya Kompleks Lamin Etam, Jalan Gadjah Mada Samarinda, Kamis (16/2). Foto: LINES
Sutamsis dihadapan Tim Formatur saat Muswil ke-VIII DPW LDII Kaltim di Gedung Olah Bebaya Kompleks Lamin Etam, Jalan Gadjah Mada Samarinda, Kamis (16/2). Foto: LINES

Ketua DPW LDII Kaltim Terpilih

Dalam pemandangan umum dari 9 kota dan kabupaten se-Kaltim secara bulat mengajukan nama Prof Dr Ir Krishna Purnawan Candra MS sebagai Ketua DPW dan H Sutamsis sebagai Ketua Dewan Penasehat DPW LDII Kaltim. Akhirnya dalam sesi pemilihan Ketua DPW, maka sidang secara aklamasi menetapkan Prof Dr Ir Krishna Purnawan Candra MS sebagai Ketua DPW LDII Kaltim masa bakti 2017-2022.

Akhirnya tim formatur menetapkan pula H Sutamsis menjadi Ketua Dewan Penasehat DPW LDII Kaltim dan Wildan Taufik sebagai Sekretaris DPW LDII Kaltim menggantikan Eko Budiono.

Setelah itu, dilakukan pengukuhan dan pelantikan kepengurusan DPW LDII Kaltim masa bakti 2017-2022 oleh Ketua Umum LDII Prof KH Abdullah Syam.

Dalam sambutan penutupan, KH Abdullah Syam menyambut terpilihnya Ketua DPW LDII Kaltim yang baru. Ia berpesan kepada seluruh jajarannya agar dalam menjalankan organisasi selalu melaksanakan prinsip 3K. “Yaitu kerja, kontribusi, dan komunikasi,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini jajarannya sudah biasa melaksanakan kerja dan banyak sekali kontribusi organisasi bagi bangsa dan negara. “Untuk itu, kita perlu tingkatkan komunikasi kepada para stakeholder agar lebih dekat dan mengenal LDII,” tuturnya.

 

Harapan, Doa dan Ucapan Selamat

Terpilihnya Krishna kembali sebagai Ketua DPW LDII Kaltim ini membawa sejumlah pesan, doa, dan harapan. Doktor lulusan Universitas Kiel Jerman ini sebelumnya pernah menduduki Ketua DPW LDII Kaltim. “Selamat kepada ketua terpilih, semoga Allah selalu memberi pertolongan. Harapan saya, LDII terus berkembang dan memberi manfaat untuk masyakakat,” ujar H Sutamsis.

DPP LDII dalam keterangannya mengucapkan selamat atas terpilih Prof Krishna. “Apa yang sudah dilakukan DPW masa bakti 2011-2017 agar dilanjutkan dan ditingkatkan lagi,” ujar Rully Kuswahyudi.

Ketika ditanya perihal masa bakti yang semestinya hanya 5 tahun, Rully mengatakan DPW LDII Kaltim meminta perpanjangan waktu untuk mempersiapkan Muswil agar tidak bersamaan dengan Munas LDII November 2016 yang lalu.

Rully juga berharap kepada Krishna agar pembangunan kantor sekretariat DPW yang berada di kompleks Masjid Aziziyah agar segera diselesaikan dalam tahun 2017 ini. “Konsolidasi dengan DPD kota/kabupaten se-Kaltim agar ditingkatkan, termasuk meningkatkan SDM pengurus,” tuturnya.

Sementara itu, masa kepemimpinan Sutamsis cukup berkesan bagi H Abdul Rachman Zain SE, Ketua DPD LDII Balikpapan. “Ya, kepada H Muhammad Sutamsis, atas amal solih selama lebih dari 5 tahun telah membawa kemajuan LDII se-Kaltim dalam kondisi kondusif, menjaga nama baik LDII, dan juga telah berhasil mewujudkan pembangunan kantor DPW LDII Kaltim yang bagus. Semua disyukuri dan teriring doa semoga menjadi pahala yang banyak berlimpah manfaat,” harapnya.

“Kepada Prof Dr Ir H Krishna Purnawan Candra MS, semoga dapat meningkatkan pembinaan kepada semua DPD secara berkesinambungan,” pungkas Abdul Rachman Zain. (SA/LINES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *