Kaltim

Tertutup Awan Tebal dan Masalah Geografis, LDII Kaltim Gagal Melihat Hilal

SAMARINDA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Provinsi Kalimantan Timur menghadiri undangan Rukyatul Hilal yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag di Hotel Five Premiere Samarinda, Selasa (9/4) sore.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenag, Kanwil Pengadilan Agama Provinsi Kaltim, tim dari BMKG () serta beberapa Ormas Islam di Samarinda.

Achmad Asdori selaku Tim Pemantau Hilal dari DPW LDII menjelaskan bahwa cuaca pada saat pemantauan hilal cukup cerah berawan.

“Pantauan hilal pasa sore ini dengan cuaca yang cukup baik yaitu cerah berawan, namun dikarenakan kondisi geografi menyebabkan hilal tertutup oleh awan yang cukup tebal,” ujar Asdori.

Asdori bersama dengan timnya. Foto: LINES
Asdori bersama dengan timnya. Foto: LINES
Asdori bersama dengan tim dari Kemenag. Foto: LINES
Asdori bersama dengan tim dari Kemenag. Foto: LINES
Bersama dengan tim dari BMKG. Foto: LINES
Bersama dengan tim dari BMKG. Foto: LINES

Senada dengan Asdori, Faisal selaku tim perwakilan dari BMKG mengatakan bahwa pada kesempatan-kesempatab sebelumnya juga belum bisa melihat hilal karena kondisi geografis samarinda yang dataran renda serta tertutup oleh pegunungan.

Dilain sisi Abdul Khalik selaku kepala Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim mengatakan mengapresiasi ormas yang sudah mau membantu untuk memantau Rukhyatul hilal serta berharap kedepannya dapat lenih banyak lagi ormas yang berpartisipasi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik, harapan kedepannya bisa lebih banyak lagi yang berpartisipasi dalam pemantauan Rukhyatul hilal di Samarinda ini,” imbuhnya.

(Wild/LINES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *