Balikpapan

#NgajiAkhirTahun Mengaji, Tingkatkan Kepahaman dan Keberkahan

Ustaz Pahala Jaya S.PdI, Guru Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri Jawa Timur saat menyampaikan materi Hadits Sahih Bukhari di Masjid Luhur Bairuha Balikpapan, Sabtu (28/12). Foto: LINES
Ustaz Pahala Jaya S.PdI, Guru Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri Jawa Timur saat menyampaikan materi Hadits Sahih Bukhari di Masjid Luhur Bairuha Balikpapan, Sabtu (28/12). Foto: LINES

BALIKPAPAN – Pengajian Hadits Sahih Bukhari juz dua yang diselenggarakan LDII Balikpapan akhir tahun ini berjalan lancar dan sukses. Dukungan positif dari berbagai pihak, baik dari warga sekitar, tokoh masyarakat, pemerintah, hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mewarnai pengajian yang berakhir Sabtu (28/12) malam.

“Alhamdulillah, pengajian Hadits Sahih Bukhari untuk mengisi kegiatan akhir tahun ini berjalan tertib, aman, selamat, lancar, dan sukses. Semoga Allah memberikan kebarokahan,” tutur Ketua DPD LDII Kota Balikpapan H Herry Fathamsyah seraya bersyukur.

H Herry memberikan apresiasi pada semua yang terlibat atas dukungan pada kegiatan besar yang diikuti ribuan peserta ini. “Dukungan tidak hanya dari seluruh pengurus, panitia, maupun peserta dan warga sekitar, tetapi juga sambutan hangat dari tokoh masyarakat, pemerintah kota, hingga anggota DPR RI yang luar biasa,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini merupakan praktek sesungguhnya tentang pentingnya penerapan enam tabiat luhur. “Terus kita jaga niat kita, terus kita kembangkan kerja kompak, kerja rukun, kerja sama yang baik yang sudah menjadi karakter kita dalam setiap melakukan kegiatan amal saleh,” tuturnya mengingatkan. H Herry berharap, pengalaman mengelola pengajian dengan ribuan jamaah ini dapat digunakan untuk kegiatan serupa di tahun berikutnya.

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat DPD LDII Balikpapan H Abdul Rahman Zain SE, dalam sambutan penutupan, mengatakan bahwa usai mengikuti pengajian ini, warga diharapkan tidak menjadikannya sebagai sarana keilmuan saja, tetapi juga perlu dipahami dan dijadikan dasar untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya sampaikan pesan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, taroktufikum amroini lan tadzillu maa tamassaktum bihimaa kitabillahi wa sunnati nabiyyih. Aku tinggalkan kalian dua perkara, tidak akan sesat selama berpegang teguh pada keduanya, yakni Al-Quran dan Alhadits,” tutur H Abdul Rahman Zain mengutip pesan nabi.

Pada kesempatan ini, Guru Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri Ustaz H Mohamad Pahala Jaya S.PdI, di akhir sesi pengajian memberikan pesan agar seluruh peserta meningkatkan semangat mengaji dan semangat beribadah.

“Kita tingkatkan ibadah kita, kita tingkatkan amal saleh kita, kita tingkatkan kesemangatan kita di dalam menetapi agama Allah, apalagi telah kita kaji Hadits Sahih Bukhari ini yang Insyaallah kita praktekkan akan ada banyak manfaat dan barokah,” harapnya, singkat.

 

Dukungan Anggota DPR RI

Penyerahan bantuan sumbangan pembangunan Masjid Luhur Bairuha oleh Rudy Mas'ud, yang diwakilkan Didot Firmanto. Foto: LINES
Penyerahan bantuan sumbangan pembangunan Masjid Luhur Bairuha oleh Rudy Mas’ud, yang diwakilkan Didot Firmanto. Foto: LINES
Foto bersama pengurus LDII Balikpapan usai pelaksanaan pengajian Hadits Sahih Bukhari Juz Dua. Foto: LINES
Foto bersama pengurus LDII Balikpapan usai pelaksanaan pengajian Hadits Sahih Bukhari Juz Dua. Foto: LINES

Tahun ini LDII Balikpapan membangun sarana dan prasarana ibadah di berbagai tempat. Salah satunya  pembangunan Masjid Luhur Bairuha yang baru tahun ini digunakan sebagai tempat pengajian dengan jumlah jamaah yang cukup besar.

“Kita lihat di sebelah barat masjid ini masih terbuka, juga sebelah utara, timur, dan selatan. Begitu juga lantai dasar, lantai satu dan lantai tiga yang masih membutuhkan bapak ibu saudara jamaah semua,” tutur H Abdul Rahman Zain.

Dengan demikian, tambahnya, terbuka lebar kesempatan sedekah jariyah untuk menyelesaikan pembangunan sarana dan prasarana ibadah yang pahalanya terus mengalir sepanjang masa.

Bertepatan dengan masa reses akhir tahun ini, anggota DPR RI H Rudy Mas’ud SE, mendapat kesempatan mengunjungi dan melihat perkembangan pelaksanaan pembangunan Masjid Luhur Bairuha. Namun, mengingat kesibukannya di Samarinda, melalui utusannya, Didot Firmanto, ia menitipkan pesan salam dan terima kasih.

“Beliau titip pesan agar bagaimana kita terus saling bersilaturahmi, beliau dengan LDII saya rasa tidak perlu lagi dipertanyakan, Insyaallah beliau akan terus men-support kegiatan-kegiatan LDII, dan mudah-mudahan kita semua terus menjadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat,” tutup Didot Firmanto.

Dihubungi terpisah, H Rudy Mas’ud mengatakan bahwa dalam rangka reses, ia telah berhasil menyerap aspirasi masyarakat Kalimantan Timur secara umum, termasuk warga LDII. Khusus warga LDII, ia mengatakan akan mendukung program-program LDII yang seiring dan sejalan dengan program Kota Balikpapan sebagai kota beriman.

Ia menambahkan, sudah melihat kesiapan warga LDII Kota Balikpapan memberikan kontribusi positif dalam proses pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) tahun 2024 mendatang dengan program unggulan Tri Sukses Generasi Penerus, yakni alim faqih, akhlakul karimah, dan mandiri. (SA/LINES)

Dokumentasi foto.

Peserta pengajian dan undangan. Foto: LINES
Peserta pengajian dan undangan. Foto: LINES
Suasana peserta pengajian laki-laki. Foto: LINES
Suasana peserta pengajian laki-laki. Foto: LINES
Ribuan peserta asrama Hadits Bukhori 2019. Foto: LINES
Ribuan peserta asrama Hadits Bukhori 2019. Foto: LINES
H Abdul Rachman Zain Ketua Dewan Penasehat DPD LDII Balikpapan. Foto: LINES
H Abdul Rachman Zain Ketua Dewan Penasehat DPD LDII Balikpapan. Foto: LINES
H Rahmad Mas'ud yang diwakilkan Didot Firmanto saat memberikan sambutan. Foto: LINES
H Rahmad Mas’ud yang diwakilkan Didot Firmanto saat memberikan sambutan. Foto: LINES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *