Jawa Timur

DPW LDII Jatim Silaturahmi dengan PW Muhammadiyah Jatim Bahas Kemaslahatan Umat

SURABAYA – Ketua DPW LDII Jawa Timur KH. Moch. Amrodji Konawi bersama jajaran pengurus harian bersilaturahmi ke Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur di Surabaya, Jumat (19/11). Rombongan diterima Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur KH. Saad Ibrahim beserta jajarannya.

Amrodji menyampaikan silaturahmi untuk menjalin ukhuwah Islamiyah dan membahas kepentingan kemaslahatan umat ke depan.

“Kami menganggap Muhammadiyah seperti saudara tua kami. Oleh karena itu kami juga belajar dari saudara tua kami (Muhammadiyah),” ujar Amrodji.

Menurut Amrodji, menjaga ukhuwah Islamiyah penting dilakukan di era digital. Maraknya berita bohong yang berisiko menimbulkan konflik dan perpecahan memerlukan tabayyun.

“Apalagi saat ini ada beberapa kelompok yang berusaha mengadu domba untuk memecah belah antar umat Islam di Indonesia. Namun apabila umat Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan LDII terjalin ukhuwah Islamiyah yang kuat maka sulit untuk dipecah belah,” ujar Amrodji.

Pengurus DPW LDII Jatim ramah tamah dengan Pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim di Surabaya. Foto: LINES
Pengurus DPW LDII Jatim ramah tamah dengan Pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim di Surabaya. Foto: LINES
Saling memberikan cinderamata. Foto: LINES
Saling memberikan cinderamata. Foto: LINES

Dengan demikian, Amrodji menambahkan, menjaga keutuhan NKRI masuk dalam 8 program prioritas LDII. Diantaranya di bidang kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi syariah, pertanian dan lingkungan hidup, kesehatan dan pengobatan herbal, informasi dan teknologi, serta energi baru terbarukan.

Senada dengan LDII, Ketua PW Muhammadiyah KH. Saad Ibrahim mengatakan dalam hal membina umat tidak mungkin diselesaikan oleh satu-dua ormas Islam akan tetapi harus diselesaikan bersama-sama.

“Masalah perbedaan pasti ada, jika tidak ada perbedaan maka tidak ada eksistensinya. Maka untuk masalah akidah singkirkan dulu lebih baik mendahulukan kepentingan umat,” kata Saad.

Saad mengatakan Muhammadiyah juga perlu belajar dari saudara yang muda. Mana yang baik dapat diterapkan dan disempurnakan agar lebih baik.

“Saya mengamati solidaritas warga LDII itu sangat kuat dan ketuanya kemana-mana selalu melibatkan generasi muda. Hal ini dapat dicontoh oleh Muhammadiyah,” ungkap Saad.

Di akhir pertemuan itu, KH. Saad Ibrahim berjanji akan silaturahmi ke kantor DPW LDII Jawa Timur agar ukhuwah Islamiyah terus terjalin.

(*/LINES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *